Warning: session_start() [function.session-start]: Cannot send session cookie - headers already sent by (output started at /home/mojokt/public_html/pengumuman/index.php:2) in /home/mojokt/public_html/pengumuman/index.php on line 4

Warning: session_start() [function.session-start]: Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/mojokt/public_html/pengumuman/index.php:2) in /home/mojokt/public_html/pengumuman/index.php on line 4
.:: Mojokerto.go.id ::.
* [31/12/14] - PENGUMUMAN CALON TARUNA BARU KEMENTERIAN PERHUBUNGAN TAHUN AJAR 2014/2015 *                     * [14/05/14] - PENGUMUMAN PELATIHAN BAGI PENCARI KERJA *                     * [20/02/14] - Pengumuman Kelullusan Tenaga Honorer K2 *                     * [13/02/14] - PERSYARATAN AK I *                         .:: 
Pengumuman
 ::.   
  HALAMAN UTAMA   |   HUBUNGI KAMI   |   PETA SITUS   Search  
 
 
Minggu, 20 April 2014 - 18:11 
Menu
Interaktif
Info Kota
 
User Teraktif
1. Ajudan Walikota
2. Ajudan Wakil Walikota
3. Bagian humas dan protokol
4. Bidang Pengolahan Data elektronik
[View All] 
 
Harga Bahan Pokok
Bawang Merah14.000/Kg
Bawang Putih11.000/Kg
Beras Bengawan9.000/Kg
Beras IR648.600/kg
Beras Mentik11.000/kg
Bimoli Botol /Kemasan 620ml11.000/btl
Bimoli botol/Kemasan (sps) 2 L29.000/btl
Buncis11.000/Kg
Cabe Merah Besar28.000/Kg
Cabe Rawit17.000/Kg
Daging Ayam Broiler24.000/Kg
Daging Ayam Kampung55.000/Kg
Daging Sapi Murni110.000/Kg
Garam Bata350/Kg
Garam Halus3.000/Kg
Gula Pasir Dalam Negeri9.500/Kg
Ikan Asin Teri60.000/Kg
Jagung Pipilan Kering6.000/Kg
Kacang Hijau19.000/Kg
kacang Kedelai Eks Import10.000/kg
Kacang Kedelai Lokal11.000/Kg
Kacang Tanah17.000/kg
Kentang11.000/Kg
Kubis7.000/Kg
Minyak Curah11.500/Kg
Telur Ayam Kampung41.400/Kg
Telur Ayam Ras15.000/Kg
Tepung Terigu segitiga biru kw7.000/Kg
Tomat10.000/Kg
Wortel7.000/Kg
[View All] 
 
Link Situs Lain
[View All] 
 
Jajak Pendapat
Apa Yang Anda Gemari Di Website Mojokertokota.go.id
Berita Kota
Artikel dan Riset
Data instansi pemerintah
Potensi Daerah
Agenda Kota
Harga Bahan pokok
Fasilitas Daerah
Gallery
[Lihat Hasil]
 
 
 
PENGUMUMAN


Petunjuk Operasional Pengajuan Bantuan Pada Pemerintah Kota Mojokerto
Rabu, 09 April 2008 - 13:31

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1        Latar Belakang

Dalam rangka peningkatan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam peningkatan sarana/prasarana peribadatan, bantuan kepada organisasi kemasyarakatan, lembaga keagamaan, lembaga pendidikan dan lembaga lainnya, maka dipandang perlu petunjuk operasional berupa buku pedoman sebagai acuan bagi lembaga/organisasi masyarakat untuk mengajukan permohonan bantuan dan sekaligus pembuatan surat pertanggungjawaban.

Penerbitan Buku Petunjuk Operasional (PO) tentang Permohonan dan Pertanggungjawaban Bantuan Pemerintah Kota Mojokerto, bukanlah semata-mata untuk kepentingan administrasi kegiatan belaka, akan tetapi yang paling urgen adalah untuk peningkatan pelayanan masyarakat Kota Mojokerto yang diimbangi dengan pembuatan laporan pertanggungjawaban kegiatan secara benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sehingga dengan demikian akan tercipta kerjasama yang baik antara Pemerintah Kota Mojokerto dengan masyarakat dalam proses pembangunan di tingkat Kelurahan maupun pembangunan di tingkat daerah otonom yang semakin leluasa dan demokratis.

1.2    Maksud dan Tujuan

Adapun maksud diterbitkannya petunjuk operasional pemberian bantuan adalah diharapkan calon penerima bantuan dapat mengetahui dan mengerti tentang mekanisme / tata cara pengajuan proposal dengan baik dan benar serta betul-betul dapat dipertanggung jawabkan apabila sudah menerima bantuan dana dari pemerintah Kota Mojokerto serta memudahkan evaluasi, monitoring, pengawasan, penyusunan program dimasa yang akan datang dan untuk keseragaman administrasi kegiatan dan keuangan. Sedangkan tujuan pemberian bantuan keuangan dan bantuan sosial adalah merupakan bantuan yang diberikan organisasi swasta (LSM,ORMAS, Karang Taruna dll), kelompok masyarakat/perorangan (pengajian, masjid, musholla, gereja, pondok pesantren dll) sebagai upaya pemberdayaan masyarakat, peningkatan partisipasi masyarakat dan kelancaran pelaksanaan pemerintahan.

 

1.3       Sasaran

Adapun sasaran yang diharapkan dari pemberian bantuan keuangan dan bantuan sosial adalah sebagai berikut :

1.   Tersalurnya dana bantuan kepada masyarakat ;

2.   Terwujudnya pembangunan kemasyarakatan dan pemerintahan untuk peningkatan penyelenggaraan fungsi pemerintah di daerah.

3.   Terwujudnya partisipasi aktif dari masyarakat dalam pelaksanaan tugas pemerintahan.

4.   Terlaksananya kelancaran tugas kepemerintahan yang baik dan untuk menunjang peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

5.   Pemerataan dan atau peningkatan kemampuan dalam pengelolaan keuangan.

6.   Meningkatkan daya guna dan hasil guna masyarakat dalam organisasi kemasyarakatan.

1.4     Dasar Hukum

1.   Peraturan Walikota Mojokerto Nomor 2 Tahun 2007 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2007

2.   Peratuan Walikota Mojokerto Nomor 23 Tahun 2006 tentang Petunjuk Teknis Tata Cara Pemberian dan Pertanggungjawaban Pemberian Subsidi, Hibah, Bantuan Sosial, Bantuan Keuangan dan Bantuan Lainya di Kota Mojokerto.

 

 

 

 

 


BAB II

MEKANISME PEMBERIAN BANTUAN

 

2.1       Pengertian Bantuan

Pengertian bantuan dibagi menjadi 2 (dua) yaitu bantuan sosial dan bantuan keuangan. Bantuan sosial adalah bantuan yang digunakan untuk pemberian bantuan dalam bentuk uang dan atau barang kepada masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bantuan sosial tidak diberikan secara terus menerus atau tidak berulang setiap tahun anggaran, selektif dan memiliki kejelasan didalam peruntukannya. Bantuan sosial dapat diberikan kepada partai politik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Sedangkan bantuan keuangan digunakan untuk pemberian bantuan keuangan yang bersifat umum atau khusus dari pemerintah daerah kepada pemerintah daerah lainnya dalam rangka pemerataan dan atau peningkatan kemampuan keuangan, penggunaannya diserahkan sepenuhnya kepada penerima bantuan, selain itu bantuan tersebut juga bersifat sebagai perangsang dalam rangka meningkatkan peranan swadaya masyarakat dalam pembangunan di Tingkat Kelurahan.

 

 

2.2       Persyaratan Penerima Bantuan

Dalam pemberian bantuan sosial dan keuangan harus memenuhi ketentuan sebagai berikut :

1.   Calon penerima bantuan dana harus mengajukan proposal yang ditujukan kepada walikota melalui bagian umum dan diketahui oleh pejabat terkait (RT/RW/Lurah/LSM/dsb), proposal tersebut harus menyebutkan secara spesifik dan lengkap mengenai rencana peruntukan penggunaan bantuan yang diajukan dan rincian biaya untuk masing-masing rincian kegiatan bila diperlukan dilampirkan dengan foto-foto.

2.   Proposal yang diajukan harus bersifat urgen (penting) dan harus dilaksanakan.

3.   Penggunaan dana bantuan harus sesuai dengan rencana peruntukannya dan penerima bantuan bertangunggjawab sepenuhnya atas penggunaan dana dimaksud.

4.   Pemberian bantuan sosial diutamakan untuk peningkatan sarana dan prasarana peribadatan baik muslim maupun non-muslim yang belum pernah menerima bantuan.

5.   Pemberian bantuan dilaksanakan untuk menunjang program pemerintah pusat dan propinsi yang ada di daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

6.   Proposal harus menyebutkan dana swadaya masyarakat yang tersedia.

2.3       Seleksi Penerima Dana Bantuan

Seleksi penerima dana bantuan sosial dan bantuan keuangan harus memenuhi ketentuan sebagai berikut :

1.   Dana bantuan diberikan secara selektif dan memiliki kejelasan peruntukan penggunaannya ;

2.   Melengkapi proposal yang diajukan oleh pemohon dengan memperhatikan kelayakan penggunaan dana yang akan dilaksanakan ;

3.   Pengajuan bantuan dana tidak semua nilai anggaran akan di setujui tetapi Pemerintah Kota hanya memberi bantuan sebagian dari nilai anggaran dana yang dibutuhkan.

4.   Pemberian bantuan diutamakan untuk wilayah Kota Mojokerto sedangkan bantuan yang dari luar perlu dipertimbangkan atau diseleksi.

2.4       Pertanggungjawaban

Pemberian bantuan sosial dan keuangan yang dibayarkan oleh bendahara pengeluaran pada Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Mojokerto kepada penerima bantuan, maka penerima bantuan wajib mempertanggungjawabkan penggunaan dana bantuan dengan ketentuan sebagai berikut :

1.   Penerima bantuan dana dari Pemerintah Kota Mojokerto dengan jumlah kurang dari 5 juta tidak diwajibkan membuat SPJ pendukung dan menyampaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana kepada kepala daerah, cukup dengan kwitansi yang disetempel dan ditandatangani oleh ketua atau sekretaris pelaksana kegiatan.

2.   Penerima bantuan dana dari Pemerintah Kota Mojokerto dengan jumlah lebih dari 5 juta mengacu ketentuan sebagai berikut :

a.   Mengajukan proposal permohonan bantuan kepada Walikota Mojokerto

b.   Proposal yang diajukan harus mendapat persetujuan dari Kepala Daerah dalam hal ini Sekretaris Daerah selaku koordinator pengelola keuangan daerah

c.   Setelah mendapat persetujuan dari Kepala Daerah, maka pihak ketiga wajib mengirimkan kwitansi yang disetempel dan ditandatangani oleh pemohon/pihak penerima bantuan, dan diketahui oleh PPTK dan pengguna anggaran (PA)

d.   Pihak penerima bantuan wajib menandatangani surat pernyataan untuk mempertangungjawabkan pengunaan dana.

e.   Penerima bantuan wajib menyampaikan pelaporan pertanggungjawaban penggunaan dana kepada Kepala Daerah (Walikota Mojokerto) melalui Kepala Bagian Pemerintahan maksimal 1 bulan setelah pelaksanaan kegiatan, dan apabila pelaksanaan kegiatan telah selesai atau telah dilaksanakan maka penerima bantuan wajib menyampaikan pertanggungjawaban  maksimal 1 bulan setelah menerima bantuan dana dari Pemerintah Kota Mojokerto.


BAB III

PENYUSUNAN SURAT PERTANGGUNGJAWABAN

(SPJ)

 

3.1       Pertanggungjawaban Bantuan Kurang dari 5 Juta

Penerima bantuan dana dari Pemerintah Kota Mojokerto dengan nilai kurang dari 5 juta tidak diwajibkan membuat SPJ pendukung tetapi lebih baik tetap membuat SPJ pendukung sebagai arsip.

 

3.2       Pertanggungjawaban Bantuan Lebih dari 5 Juta

Penerima bantuan dana dari Pemerintah Kota Mojokerto dengan nilai sama atau lebih dari 5 juta wajib membuat SPJ pendukung dengan ketentuan sebagai berikut :

1.   SPJ pendukung berbentuk kwitansi/bon pembelian dengan rangkap 3 (tiga) dari toko atau pihak keempat sewaktu membelanjakan dana.

2.   Pembelian barang dengan nilai 250 ribu – 1 juta, kwitansi wajib ditempel materai senilai Rp. 3.000,- dan distempel serta ditandatangani oleh pemilik toko (pihak keempat). Sedangkan pembelian barang dengan nilai lebih dari 1 juta wajib ditempel materai senilai Rp. 6.000,- dan distempel serta ditandatangani oleh pemilik toko (pihak keempat).

3.   Setelah adanya kwitansi-kwitansi pembelian dari pemilik toko dengan rangkap 3 (tiga), maka kwitansi tersebut ditata rapi dan urut sesuai dengan tanggal pembelian, disesuaikan dengan rincian biaya masing-masing kegiatan yang diajukan dan dijumlah sesuai dengan bantuan yang diterima dari Pemerintah Kota Mojokerto (contoh SPJ ada dilampiran).

4.   Kwitansi setelah ditata rapi, dibendel menjadi 3 bagian (1 asli, 2 salinan/foto copy) setelah itu 2 bendel (1 asli, 1 salinan) dikirimkan kepada Walikota Mojokerto melalui Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Mojokerto dan 1 bendel salinan/foto copy disimpan sebagai arsip penerima bantuan.

 

 

 

 

 

 

 


BAB IV

PENGAWASAN TERHADAP PENERIMA BANTUAN

 

                Tahapan Pengawasan

1.   Tim Supervisi

Tim supervisi dari pemerintah daerah dimungkinkan melakukan kunjungan kepada objek penerima bantuan dana baik itu bantuan dengan nilai 1 juta kebawah maupun 1 juta keatasdengan tujuan agar tidak adanya penyelewengan/ penyalahgunaan penggunaan dana.

2.   Pengawasan Fungsional

Pengawasan secara fungsional dilakukan oleh lembaga/badan/unit dari unit pengawasan pada lembaga pemerintahan non departemen maupun badan pengawasan dari propinsi dan kota.

3.   Pengawasan Masyarakat

Sebagai upaya pelaksanaan pengawasan masyarakat, maka setiap penanggungjawab penerima bantuan seharusnya membuat papan pengumuman penggunaan dana dengan harapan masyarakat luas dapat mengetahui rincian penggunaan dana yang diberikan oleh Pemerintah Kota Mojokerto.

 

                Pelaporan Pertanggungjawaban

Setelah kegiatan dilaksanakan atau setelah 1 bulan bantuan diterima maka penerima bantuan wajib melaporkan pertanggungjawaban berupa SPJ pendukung bagi penerima bantuan lebih dari 5 juta kepada Walikota Mojokerto melalui Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Mojokerto Jalan Gajah Mada No. 145 dan dibuat rangkap 2 (dua) bendel, dengan rincian 1 bendel kwitansi asli dan 1 bendel salinan atau foto copy.

 

                Konsekwensi

Apabila pihak penerima bantuan tidak membuat SPJ Pendukung sesuai dengan waktu yang ditentukan dan atau melakukan penyalahgunaan / penyelewengan dana bantuan, maka pihak penerima bantuan tersebut dapat dituntut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


BAB V

PENUTUP

 

Petunjuk teknis tata cara pemberian bantuan dan pertanggungjawaban penggunaan bantuan sosial dan bantuan keuangan ini disusun untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan pemberian dana bantuan untuk peningkatan sarana dan prasarana, bantuan pemerintahan, bantuan pembangunan dan kemasyarakatan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Mojokerto kepada masyarakat khususnya yang membutuhkan dan untuk kepentingan masyarakat/lembaga lainnya guna untuk kelancaran pelaksanaan pemberian dana bantuan secara umum yang kebutuhannya sangat mendesak.

Untuk hal-hal yang belum diatur dalam petunjuk teknis tata cara pemberian dan pertanggungjawaban ini agar berpedoman pada peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

Demikian

 untuk menjadi perhatian dan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.





 
 
 
Agenda Kota
[11/04/2014]
PSN
[10/04/2014]
RAPAT PERSIAPAN ADIPURA
[09/04/2014]
PENINJAUAN PELAKSANAAN PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014
[08/04/2014]
PENINJAUAN PEMASANGAN BILIK SUARA DI TPS
[View All] 
 
 
Stok Darah PMI
A21 kantong
AB13 kantong
B46 kantong
O54 kantong
Update:[15-04-2014]
 
Artikel & Riset
.:Antisipasi Penyakit di Musim Hujan
.:Tips Menumbuhkan Semangat Kerja Baru
.:10 Tips Puasa Sehat
.:Radiasi Ponsel dan Kesehatan
[View All] 
 
Info Anda
IP Local54.205.173.252
ProxyNo Proxy
IP Public54.205.173.252
BrowserBrowser Tidak Dikenal
SisopOperating System tidak dikenal
 
Statistik

Anda pengunjung ke:


 
Status Admin

Admin1-PDE
 
Admin2-PDE
 
 
Halaman Utama Copyright © 2004 Bidang Data Elektronik Kota Mojokerto All right Reserved Halaman Utama